Makanan Apa Yang Paling Dibutuhkan Anak Agar Tumbuh Lebih Optimal?

Makanan apakah yang paling dibutuhkan anak agar bisa tumbuh lebih optimal? Berikut ini penjelasannya.
 

Ingin anak tumbuh tinggi? Ternyata tinggi badan anak tidak hanya dipengaruhi oleh faktor genetika saja namun asupan makanan juga sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak menjadi lebih optimal. Menurut Dr. Fiastuti Witjaksono, MS, SpGK, protein bisa membantu anak tumbuh lebih tinggi.  Nah, berikut daftar makanan yang kaya akan kandungan protein.
1. Telur
Telur merupakan sumber protein dengan kandungan nutrisi paling lengkap dibandingkan sumber protein lainnya. Putih telur adalah bagian yang kaya akan protein. Tapi untuk anak yang berisiko alergi sebaiknya sebaiknya jangan memberikan telur sebelum usia anak 2 tahun.

Makanan apakah yang paling dibutuhkan anak agar bisa tumbuh lebih optimal? Berikut ini penjelasannya.

2 . Susu
Susu mengandung asam amino esensial yang diperlukan tubuh untuk membentuk protein alami di dalam tubuh. Karena itu untuk anak diatas usia 2 tahun yang tidak lagi minum ASI sangat disarankan untuk tetap minum susu anak. Sebab, susu merupakan salah satu sumber protein yang baik dan berkualitas.

3.  Seafood
 .

Seafood
Jenis makanan seafood, seperti ikan salmon, udang, kepiting, agar-agar, teripang termasuk sumber protein hewani yang baik dan dibutuhkan anak dalam masa tumbuh kembangnya. Protein yang bersumber dari seafood mudah dicerna oleh tubuh, termasuk sistem pencernaan anak-anak. Karena itu mulailah mengenalkan seafood kepada anak sejak dini.
4.  Edamame


Edamame
Kacang kedelai hijau yang akrab dengan sebutan edamame bisa menjadi camilan yang sehat untuk anak. Karena edamame mengandung protein lebih banyak daripada daging sapi. Edamame juga tidak menganduk lemak jenuh. Kamu bisa menambahkan edamame ke dalam sup atau salad sayur untuk anak.

 5. Daging Merah


Daging Merah
Mengonsumsi daging sapi, kambing atau domba sangat disarankan untuk anak. Karena daging merah merupakan sumber makanan yang mengandung protein.  Selain sumber protein daging merah juga sumber vitamin B12 untuk memenuhi kebutuhan zat besi pada tubuh.

6. Daging Putih


Daging Putih
Daging putih yang kaya akan protein terdapat pada daging ayam. Tapi ingat ya, Bu, daging ayam kaya akan lemak. Saran untuk kamu, pilihlah daging dada ayam yang tinggi kandungan protein dan juga lebih rendah lemak dan kalorinya.


 7. Sayuran Hijau

Sayuran Hijau
Sumber protein yang baik tidak hanya bersumbe dari hewani tetapi juga nabati. Seperti sayuran hijau yang juga kaya akan kandungan protein lebih tinggi dibandingkan sayuran lainnya. Ibu bisa memberikan brokoli, bayam, pada menu makanan anak sehari-hari untuk membantu anak tumbuh lebih optimal.
Sumber :  http://family.fimela.com/bayi-balita/makanan-gizi/makanan-apa-yang-paling-dibutuhkan-anak-agar-tumbuh-lebih-optimal-

No comments: