Cara Membuat Bakso Sapi Yang Enak dan Kenyal

Diposkan pada: Oleh: Pada Kategori: Bisnis
Cara membuat bakso sapi cukup dengan 3 langkah mudah yang menghasilkan bakso kualitas super kenyal dan gurih tanpa borak dan formalin. Bakso yang kenyal ternyata tidak mesti menggunakan borak atau bahan berbahaya lainnya yang di larang penggunaannya serta dapat menimbulkan penyakit berbahaya yang sangat mematikan. Dengan menggunakan dan mempelajari resep membuat bakso yang enak, tentu dapat menghasilkan bakso yang gurih dan kenyal sesuai dengan selera.
Belajar cara membuat bakso sapi memang tidak terlalu sulit, dengan menggunakan bahan alami yang menyehatkan kita dapat membuat bakso yang enak sesuai dengan selera.
Cara Membuat Bakso
Bahan Untuk Membuat Bakso
Berikut bahan yang digunakan untuk membuat bakso sapi yang kenyal dan gurih.
  1. 50 Gram tepung kanji 
  2. Garam 1 sendok teh
  3. Setengah sendok teh merica yang telah halus
  4. Setengah sendok makan micin atau penyedap rasa
  5. 2 sendok makan bawang putih yang telah di goreng
  6. 2 sendok makan bawang merah yang telah di goreng halus
  7. 250 Gram daging sapi segar tanpa lemak (Pilih daging berkualitas tinggi dan bebas dari urat dan lemak)
  8. 100 Gram es batu yang telah di haluskan  (ini untuk membuat gurih bakso)
  9. Air secukupnya untuk merebus hasil bakso nantinya

Cara membuat bakso

Berikut adalah cara membuat bakso setelah semua bahan di sediakan dengan lengkap.
  1. Masukkan bahan daging, garam, merica, penyedap rasa, bawang putih, dan bawang merah, dan tepung dalam blender atau mesin bakso yang telah di sediakan sampai merata.
  2. Adonan yang telah merata dapat di campurkan dengan es batu agar adonan menjadi kenyal dan mudah di bentuk
  3. Bentuk adonan menjadi bakso sesuai dengan ukuran yang diinginkan.
  4. Panaskan air hingga mendidih secukupnya.
  5. Jika air telah mendidih, kecilkan agar tidak terlalu menggelembung, masukkan bakso yang telah di bentuk dalam wajan tersebut (ada baiknya memasukkan adonan kecil dulu, lalu coba apakah rasanya sudah cukup, jika kurang dapat menambahkan penyedap rasa lainnya)
  6. Jika adonan semuanya telah selesai di bentuk, tunggu hingga bakso yang direbus sampai mengapung dan masak sempurna, biasanya untuk ukuran standar kurang lebih 30 menit
  7. Bakso siap untuk di sajikan
Bakso yang dihasilkan
Cara membuat bakso
Cara membuat bakso memang mudah dilakukan, namun anda dapat berkreasi dengan menambahkan hiasan sesuai dengan selera dan keinginan keluarga. Bakso yang kenyal memang sangat menarik untuk di coba di buat di rumah untuk keluarga tercinta. Bakso menjadi makanan yang sangat di gemari segala kalangan dan juga mengandung gizi yang cukup tinggi.

Cara Membuat Bakso Sapi Kenyal

Jika anda ingin menghasilkan bakso sapi yang enak, ada beberapa tips membuat bakso sapi yang enak dan gurih. Mungkin dapat anda terapkan untuk menambah lezatnya bakso yang anda hasilkan. Berikut adalah tips yang dapat anda jadikan pedoman dalam membuat bakso.
  • Usahakan memilih daging sapi yang berkualitas tinggi, bagian dada atau bagian yang bebas dari lemak akan menambah gurihnya bakso yang dibuat.
  • Hindari menggunakan bahan kimia seperti borak dan formalin. Bakso yang kenyal tidak hanya di peroleh dengan borak saja, jika dibuat dengan kenyal, bakso juga dapat kenyal dan gurih.
  • Tambahkan es batu untuk menambah kenyal bakso yang dibuat
  • Usahakan air harus mendidih sebelum memasukkan adonan bakso.
  • Gunakan penyedap rasa sesuai dengan lidah anda, jangan terpatok pada anjuran, sesuaikan selera anda dan keluarga.
Semoga cara membuat bakso ini dapat bermanfaat bagi anda dan keluarga untuk menikmati bakso sehat dan gurih.sumber : http://blogging.co.id/cara-membuat-bakso

No comments: