Ngurus Surat Kependudukan di Surabaya Cukup lewat Gadget

Ngurus Surat Kependudukan di Surabaya Cukup lewat Gadget

Pelayanan berbasis mobile juga merambah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya. Direncanakan pada 2 Mei mendatang, Dispendukcapil akan meluncurkan mobile applications (Mobile Apps) kependudukan.

“Rencananya pada 2 Mei nanti Ibu Wali Kota (Tri Rismaharinin) akan me-launching Mobil Apss kependudukan ini,” kata Kadispendukcapil Surabaya, Suharto Wardoyo kepada enciety.co, Senin (25/4/2016).

Kata dia, applikasi yang dapat diunduh melalui Play Store, kemudian memilih fitur yang tersedia, di antaranya pendaftaran yang mencakup daftar kelahiran atau membuat akte kelahiran, surat kematian dan pindah kependudukan, serta laporan ke pihak Kelurahan.

Dengan begitu, sebut dia, masyarakat nantinya tidak perlu lagi mengurus surat-surat tersebut ke kantor Dispendukcapil yang berada di Gedung Siola, Jalan Tunjungan Surabaya. Masyarakat cukup mendaftarkan melalui gadget dengan memasukkan data dan foto ke aplikasi ini.

“Masukan input data dan kelengkapannya dan kami akan melakukan verifikasi. Prosesnya hanya tiga hari kerja saja. Dan hasilnya nanti akan kami kirimkan melalui pos ke rumah pemohon, jadi gak perlu datang lagi ke kantor kami,” jelas Suharto. (wh)

Sumber :http://dispendukcapil.surabaya.go.id/

No comments: